Ya Tarim Wa Ahlaha

Ya Tarim Wa Ahlaha

Oleh:
Sayyid Usamah bin Zaed BSA

Kota Tarim adalah sebuah kota di negeri Hadramaut-Yaman, sudah banyak kitab-kitab sejarah yang membahas kota ini dan kehidupan penduduknya. Hanya saja ingin menuliskan setetes berkah dan wasiat dari beberapa petuah kota Tarim.

Bagi yang sedang belajar dan ziarah di Tarim
Sungguh beruntung bagi anda jika sedang berada di kota yang penuh berkah, ketahuilah keberkahan salafussoleh di kota Tarim dari zaman dahulu hingga saat ini tetap ada, maka hendaknya jika berziarah memasang niat solehah dan selalulah berprasangka baik (husnuzon), yang mana inti ziarah di Tarim dari peninggalan salafussolihin ada 3 bagian: 1.Para ulama’ dan auliya’ yang masih hidup khususnya dari dzuriyah Rasulullah saw 2.Pemakaman seperti zambal, furait dan akdar 3.Masjid-masjid tempat ibadah dan mengajar salafussoleh. Pandai-pandailah bersyukur atas kenikmatan berada di tengah-tangah kota yang penuh berkah sehingga keberkahan tersebut akan kita rasakan, jangan pernah merasa paling hebat karena telah sampai di kota para wali ini, dan yang terpenting adalah menjaga adab baik kepada ulama’ hingga kepada pemulung sekalipun di kota Tarim.

Bagi yang telah belajar dan ziarah Tarim
Jika anda salah seorang yang telah menuntut ilmu atau mengunjungi kota Tarim hendaknya jika kembali ke daerah masing-masing dengan niat solehah dan ingin kembali lagi ke kota ini, walaupun tidak mengambil audah izin kembali lagi dari pihak pemerintahan, dan juga selalu menjaga ikatan dan hubungan dengan para masyayikh dan salafussoleh yang ada di kota Tarim, dengan cara menghidupkan dan mengamalkan tertib salafussolihin seperti Maulid, Hadroh, Burdah dan lainnya seperti tertib fatehah kepada salafussolihin, sehingga dengan ikatan tersebut anda terus mendapatkan dan merasakan keberkahan.

Bagi yang belum tercapai belajar dan ziarah ke Tarim
Jangan kecil hati jika belum tercapai keinginan anda untuk sampai ke kota Tarim, kemungkinan besar itu adalah hal yang terbaik bagi anda, sehingga anda selalu merindukan kota ini dan kota Tarim juga rindu pada anda. “Berapa banyak orang yang berada di kota Tarim tapi hatinya jauh dari Tarim, dan banyak juga yang jauh akan tetapi selalu dekat dengan Tarim”. Adapun orang yang ingin sampai ke kota Tarim perbanyaklah mengucapkan “Ya Tarim Wa Ahlaha” dengan rasa cinta kepada orang-orang soleh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s