Masjid Jami’ Tarim

Masjid Jami’ ini di dirikan pada tahun 581 hijriyah di pusat kota Tarim, kemudian pada awal abad ke-10 (902 H) Syekh Abdullah bin Abdurrahman Balhaj Bafadhal mengajukan permohonan kepada seorang Sulton di zamannya agar masjid ini di perluas, setelah itu sang Sulton dan Sayyid Muhammad bin Ahmad Basakuteh menginfakkan hartanya untuk memperluas Masjid Jami’ ini, yang mana disekitar masjid ada tiga masjid lain sehingga disatukan menjadi satu bangunan.

Di Masjid Jami’ inilah ahli tarim melaksanakan solat jum’at, yang mana sang khotib sekaligus imamnya adalah dari keturunan bangsa Al-Khotib, dengan membawa tongkat serta sebagian kain warisan nenek moyang mereka, sudah berapa banyak para ulama’, orang-orang soleh dan auliya’ yang mendengarkan khutbah tersebut serta solat jum’at di masjid ini, disebutkan pada solat jum’at dua shaf terdepan adalah shafnya orang-orang yang telah mencapai derajat mufti, juga para jama’ah jum’at yang hadir di jami’ ini daripada ahli tarim semua mengenakan pakaian putih, sesuai sunnah di hari jum’at, sehingga tak heran bila ada jama’ah yang tidak mengenakan pakaian putih, dapat dipastikan ia adalah pelancong. Siapapun juga akan dibuat lebih ta’jub lagi oleh sikap orang-orang yang menawarkan jasa Al-Quran(waqof masjid) bila ada jama’ah yang ingin membaca surat Al-Kahfi, Yasin atau yang lainnya. Apalagi, setelah selesai mengaji mereka tidak perlu susah-susah menerobos shaf untuk mengembalikan Al-Quran. Dan ketika adzan kedua dikumandangkan, merekalah yang akan mencari sendiri Al-Quran yang dipinjamkannya itu.

Habib Kazhim As-Segaf pernah mendengar dari para masyayikhnya mengatakan Khidir setiap jum’at hadir di Jami’ Tarim dan solat asar di Masjid Ba’alawi, juga pada bulan Ramadhan Khidir sering i’tikaf di Masjid Jami’ Tarim, hanya saja ia selalu menutupkan dirinya dengan berbagai hal. Berapa banyak orang yang kita anggap buruk akan tetapi mereka sangat mulia disisi Allah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s