RAMADHAN KAREEM

RAMADHAN KAREEM

Oleh:
_Sayyid Usamah bin Zaed BSA (Khodim Mufti Tarim)_

Syarat sahnya puasa:
1.Niat, dalam madzhab syafi’i niat puasa pada bulan Ramadhan haruslah terulang setiap harinya dan waktunya setelah solat magrib hingga sebelum masuknya fajar.
2.Menghindari diri dari bersetubuh dan istimna'(mengeluarkan mani), adapun jika mani keluar disebabkan memikirkan atau melihat istri maka sah puasanya.
3.Menghindari diri dari mengeluarkan sesuatu dari tenggorokan(muntah), namun tidak masalah jika keluarnya tidak sengaja.
4.Menghindari diri dari memasukkan sesuatu kedalam tubuh melalui lubang-lubang terbuka seperti telinga, dan tidak masalah masuknya sesuatu melalui pori-pori seperti handbody, juga menggunakan celak pada mata tidak membatalkan puasa. Jika makan dan minum secara lupa atau tidak tahu karena baru masuk islam baik sedikit maupun banyak tidak membatalkan puasa, jika masuk debu kedalam mulut sewaktu berjalan walau sengaja membuka mulut juga tidak membatalkan puasa, menelan air liur yang suci, murni dan tidak keluar dari kedua bibir tidak membatalkan puasa dan jika sudah bercampur darah misalnya atau telah keluar dari kedua bibir maka jika menelannya membatalkan puasa.
5.Islam, tidak dalam keadaan haid/nifas dan berakal sepanjang hari. Tidak sah puasa pada dua hari raya dan hari tasyriq(11,12,13 dzulhijjah), juga pada setengah terakhir di bulan sya’ban kecuali telah biasa puasa senin kamis, puasa nadzar, atau mengqodo’ puasa.

Sunnah-sunnah puasa:
Disunnahkan bagi orang yang berpuasa menyegerakan berbuka puasa jika sudah yakin masuknya waktu magrib, berbuka dengan tiga kurma muda(rutob) jika ada, atau dengan tiga kurma biasa disunnahkan ganjil, jika tidak memiliki kurma maka dengan air, membaca do’a “Allahumma lakasumtu wa ala rizkika aftortu”.
Keutamaan berbuka dengan kurma adalah menjaga kesehatan mata, dikarenakan orang yang berpuasa aman dari segala penyakit kecuali pengelihatan oleh karena itu Rasulullah memilih kurma. Disunnahkan juga memberi orang untuk berbuka puasa, dikarenakan ganjaranya sama dengan pahala puasa orang yang diberi berbuka, disunnahkan mengakhirkan sahur sampai waktu yang tidak diragukan masuknya waktu imsak, mandi bagi orang yang wajib mandi sebelum masuknya waktu fajar, yakin dalam puasa meninggalkan gibah dan perkataan dusta, disunnahkan juga meninggalkan segala sesuatu yang mubah, tidak berhijamah(bekam), menghindari diri dari mencium bau makanan, tidak menggunakan siwak jika akan masuk waktu zuhur.
Disunnahkan juga pada bulan Ramadhan memberi nafkah yang lebih untuk keluarga serta berbuat baik untuk kerabat dan tetangga, memperbanyak sedekah, tilawah Al-Qur’an dan membuat majlis-majlis ilmu, i’tikaf di masjid khususnya pada 10 terakhir dibulan Ramadhan.

Adab berpuasa:
1.Menjaga lisan, menjaga ucapan dari berbohong, gibah dan dari perkataan yang sia-sia adalah adab yang terpenting bagi seseorang yang berpuasa
2.Menjaga mata, jangan sampai melihat sesuatu yang tidak halal baginya
3.Menjaga pendengaran, jangan sampai mendengar sesuatu yang tidak halal didengar
4.Menjaga perut dari makanan-makanan yang harom, menjaga perut dari makanan-makanan yang syubhat, khususnya diwaktu berbuka puasa, jangan sampai berbuka dengan sesuatu yang syubhat atau harom. Para kaum solihin dan ulama’ selalu mengingatkan bagi seseorang yang berpuasa hendaknya selalu memperhatikan makanan buka puasanya. Didalam sebuah hadits Rasulullah bersabda “Berapa banyak orang yang berpuasa, akan tetapi tidak mendapatkan pahala puasanya, kecuali lapar dan haus” itu semua karena tidak menjaga lisan, mata, pendengaran dan anggota tubuh lainnya daripada kemaksiatan.
5.Memperbanyak tidur sewaktu puasa bukan daripada adab berpuasa, juga memperbanyak makanan di malam harinya bukanlah sebuah adab berpuasa di bulan Ramadhan, hendaknya juga jika berpuasa di bulan Ramadhan tidak banyak melakukan kegiatan keduniaan.

 

 

 

Untuk masail & pertanyaan melalui 📧:

sy.usamah35@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s