FOTO Menurut Ulama’

بسم الله الرحمن الرحيم

Melalui risalah ini saya ingin sampaikan sebuah fatwa ulama’ syafi’iyah tentang Foto, yang mana fatwa ini sudah disampaikan secara lisan dalam acara “FAS’AL AHLUDZIKR” oleh Mufti Tarim-Hadramaut Al-Allamah Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abibakar bin Salim.

Didalam kitab Sohih Al-Bukhori pada hadits ke 3224-3227 disebutkan larangan Tashwir yang berma’na gambaran, yaitu membentuk gambaran makhluk hidup dan berjasad atau kita sebut dengan patung, hal ini sudah jelas haromnya, akan tetapi setelah ada alat baru yaitu foto yang dalam bahasa arab juga disebut Tashwir, dalam masalah ini terdapat ikhtilaf antara ulama’ dan pendapat yang kuat adalah sesuatu yang mubah, dikarenakan tidak berbentuk jasad. Adapun hukumnya menjadi harom jika foto tersebut digunakan tanpa izin orang yang akan di foto atau orang yang tidak suka di ambil gambarnya, akan tetapi jika orang yang akan di foto akan senang dengan foto, maka hukumnya menjadi mubah. Para ulama’ telah memakruhkan hukum foto sewaktu berziarah di pemakaman umum, sewaktu orang tidur dan sewaktu makan walau dengan izin. Mengambil foto dalam sebuah majlis dan lain-lain untuk menjadi dokumentasi dan sebagainya adalah suatu yang diperbolehkan(mubah). WALLAHU A’LAM

Demikian penjelasan Al-Allamah Al-Faqih Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abibakar bin Salim(Mufti Tarim), dan telah disetujui juga oleh mufti syafi’iyah Haromain Al-Allamah Al-Habib Zen bin Ibrahim bin Sumaith(Mufti Madinah), Al-Allamah Al-Habib Umar Al-Jailani(Mufti Makkah) juga Mufakkir Al-Islami Al-Habib Abubakar Al-Adni Al-Masyhur.

Sayyid Usamah bin Zaed BSA
(Khodim Mufti Tarim)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s