Alam Kubur(Barzakh)

zambal

 

Pada suatu majlis Al-Allamah Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abubakar bin Salim (Mufti Tarim) membahas alam kubur (barzakh).
Beliau bercerita dipemakaman zambal Tarim pada abad ke-8 hijri, ada seorang soleh berziarah kepemakaman tersebut, setiap makam yang diziarahi ia mendengar sekitar 70 orang yang menyambut salamnya, intinya pada abad tersebut sudah dimakamkan disetiap makam 70 jenazah, dikarnakan setiap 40 sampai 50 tahun sekali satu makam digali lagi jika ada yang akan dimakamkan.

Setelah majlis ada seorang yang mengajukan pertanyaan kepada Habib Ali Masyhur, “Ya Habib jika setiap lubang kubur banyak yang masuk bagaimana bisa mereka terkena adzab kubur sedangkan sebagian mereka juga ada yang menikmati alam tersebut dengan amal ibadah mereka selama di dunia, dikarnakan kenikmatan atau adzab kubur tergantung amal perbuatan mereka di dunia, sedangkan amal mereka didunia berbeda-beda, mohon penjelasan?

Maka Habib Ali Masyhur menjawab:”Jika ada seorang tidur berdua di atas sebuah kasur, kemudian satu diantara mereka bermimpi jalan-jalan kesebuah taman banyak buah-buahan dan disiapkan makanan dan minuman yang enak-enak, dan temannya yang satu lagi bermimpi dikejar-kejar orang hingga di pukuli. Apa yang mimpi enak pertama tadi merasakan keburukan mimpi temanya?, “Tidak”. Apa yang kedua merasakan kenikmatan dalam mimpi temannya?, “Tidak” padahal tidurnya diatas kasur yang sama.

Begitu juga dengan alam kubur (barzakh) jika dimakamkan seorang yang soleh kemudian dimakamkan setelahnya orang ahli maksiat sekalipun, maka yang ahli maksiat tidak akan merasakan yang dirasakan oleh orang soleh tersebut, begitu juga sebaliknya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s