Tarbiyah

IMG-20160801-WA0005

Muhammad adalah putra Al-Allamah Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, Muhammad baru berusia 4 tahunan dan pada bulan sya’ban ia dibawa ikut ziarah Nabi Hud as untuk pertama kalinya, usianya belum sempurna 4 tahun.

Malam hari setelah turun ziarah biasanya Habib Masyhur masuk ke sebuah gurfah(kamar) untuk mendengar bacaan kitab sohih Albukhari yang biasa dibaca oleh salah seorang putranya dan terkadang adik beliau Habib umar bin hafidz
juga membaca setelah muhadaroh di masjid ba’abbad. Ditengah tengah bacaan tersebut Muhammad masuk ke gurfah dan duduk dekat Ayahnya(Habib Masyhur), setelah bacaan usai Muhammad meminta tasbih yang ada di tangan ayahnya, dan mengatakan “Aku ingin membaca tasbih” maka Habib Masyhur memberikannya tasbih dan mengatakan “Jangan kurang bacaannya”.

Setelah memutar mutarkan tasbih ditangannya Muhammad keluar dengan membawa tasbih ditangannya, diluar ia bertemu dengan anak-anak yang lebih besar darinya sedang bermain, tak lama ia masuk kamar lagi dan duduk ditempat tadi dekat ayahnya(Habib Masyhur), tak lama ia keluar lagi namun tasbihnya terlupa di tempat duduk,kemudian Habib Masyhur melihat tasbih itu tak dibawa dan Habib mengambilnya, tak lama Muhammad kembali masuk dengan kebingungan mencari tasbih tadi, maka Habib menanyakan sudah berapa kali putar tasbihnya? Ia menjawab tidak tau, tasbihnya hilang. Habib mengatakan:”Bagaimana tidak hilang darimu kau biarkan tasbih itu lapar tanpa berzikir, maka ia kabur darimu dan ia mencari orang yang bisa mengenyangkannya”.
Setelah itu Muhammad mulai faham bahwa tasbih membutuhkan dzikir yang banyak.

Intinya jangan hanya menyimpan tasbih, tapi kenyangkanlah (gunakanlah) tasbih itu dengan adzkar…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s