Umaro’ Tarim

Hakim Tarim

 

Seorang hakim yang adil dikota Tarim Hadramaut, tak seorang penduduk terzolimi dizamannya, setiap malam hakim tersebut membagi malamnya menjadi tiga bagian, sepertiga pertama untuk istirahat, sepertiga kedua untuk keliling kota Tarim melihat kondisi penduduk dan mengajak mereka untuk bangun malam dan sepertiga terakhir untuk sholat menghidupkan malamnya..

Pada suatu malam sang hakim seperti biasanya keliling kota Tarim melihat kondisi kota dan keadaan saudara muslimnya, tak lama berjalan beliau mendengar tangisan seorang wanita dari atas rumah, karena takut terjadi kezoliman ia mendekati rumah tersebut dan mengetuk pintu mengucapkan salam, wanita itu terkejut ada yang mengetuk pintu rumahnya namun tidak mengetahui yang mendatanginya adalah hakim, ia segera menjawab dari balik pintu rumahnya dan sang hakim dari luar menanyakan mengapa kau menangis? Ia menjawab, “Tak ada masalah”. Sang hakim tanya lebih tegas mengapa ada tangisan?, Ia menjawab, “Tak ada masalah”. Maka hakim mengatakan, “Katakanlah apa masalahmu, aku hakim”. Setelah wanita itu mengetahui bahwa diluar rumahnya adalah hakim kota Tarim ia meminta maaf dan menjawab, “Aku bangun malam untuk sholat dan munajat sehingga menangis karena kota ini sudah lama tak terguyur hujan”. Sang hakim terharu dan mengangkat tangan berdo’a untuk meminta rahmat dari Allah SWT, mengulang do’a tiga kali kemudian melangkahkan kakinya untuk kembali pulang dan seketika awan mendung kemudian merintikkan hujan..Subhanallah

Demikian kelebihan seorang hakim yang adil, karena salah satu diantara orang-orang yang do’anya tanpa hijab adalah hakim yang adil.
Semoga Allah SWT memperbanyak dan menambahkan sifat-sifat hakim (pemerintahan) yang adil sepertinya. Amiiin…

 

Sayyid Usamah bin Zaed BSA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s