Ulama’ Tarim

Habib Alwi Bin Syahab

 

Al-Habib Alwi bin Abdullah bin Syahab dilahirkan di kota Tarim pada tahun 1303 H. Beliau seorang ulama’ besar Hadramaut dizamannya, sejak kecil mulazamah bersama Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur, pada masa remajanya sudah menyibukkan diri di majlis-majlis yang ada di kota Tarim, sehingga pada zaman tersebut menjadi rujukan ulama’ dizamannya. Beliau dikenal kesabarannya, ikhlasnya, berakhlak mulia, dalam kehidupannya yang sangat sederhana tidak pernah mengerjakan sesuatu yang sia-sia, bahkan dikota Tarim beliau tidak mau menggunakan sendal dikarenakan memuliakan kota yang pernah ditempati salafussoleh, hari demi hari disibukkan dengan mendekatkan diri kepada Allah.

Suatu ketika seorang sepuh yang sangat mencintai Habib Alwi dimasa mudanya, bermimpi melihat Habib Alwi meninggal dunia, setelah bangun dari tidurnya ia merasa sangat sedih dengan mimpinya, anak muda yang ia cintai dan akan menjadi pimpinan ulama’ Tarim meninggal, kemudian ia mendatangi seorang solihin untuk menafsirkan mimpinya.

Aku bermimpi melihat Alwi bin Syahab meninggal kemudian kami kuburkan tidak dipemakaman Zambal, melainkan kami kuburkan di Masjid Abdullah bin Syekh Alaydrus, aku sangat sedih dengan mimpiku”, orang soleh tersebut tersenyum dan mengatakan “Sesungguhnya yang mati adalah nafsunya, sehingga dia selalu menjadi ahli masjid” mendengar jawaban tafsir mimpinya ia sangat senang dan kembali pulang.

Setelah itu Habib Alwi terlihat memiliki banyak majlis di kota Tarim hingga usia yang panjang dan seluruh usianya digunakan untuk ketaatan kepada Allah dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau meninggal setelah berumur 83 tahun di kota Tarim pada bulan Ramadhan 1386 H.

Semoga kita digolongkan sebagai hamba yang bisa melawan hawa nafsu dalam kehidupan kita. Amiiin…

 

Sy. Usamah bin Zaed BSA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s